7.09.2013

PROPOSAL BISNIS SEPATU


BAB I
LATAR BELAKANG
Nama perusahaan                             : AMRiyandini Sport shoes
Bidang Usaha                                             : Produk Barang
Jenis Produk                                               : Sepatu olahraga
Nama Pemilik/ Penanggung Jawab   : Aprilla Mega Riyandini
Alamat Perusahaan                           : Komplek UI no 3 RT 03/09 Depok

1.1 Identifikasi Peluang Bisnis
Semakin pesatnya dunia olahraga dan munculnya banyak jenis olahraga baru membuat sepatu sebagai peran penting menunjang aktivitas tersebut. Begitu besarnya peran sepatu dalam olahraga membuat orang-orang pun mulai melihat celah untuk usaha kecil ini. Sedikit yang dijumpai took-toko sepatu olahraga dan dengan harga yang relatif tidak murah mendorong saya ingin membangun usaha tersebut. Beragamnya olahraga dan sadarnya seseorang akan pentingnya kesehatan membuat kebutuhan ini menjadi hal utama untuk penunjang. Saya pribadi ingin membuka usaha ini dengan fleksibilitas yang mungkin tidak ada di toko-toko lain seperti harga murah dan bahan nyaman yang dapat digunakan sepanjang waktu. Menciptakan brand sepatu dari bahan yang didapat dari Negara kita sendiri juga handmade menjadikan ciri khas usaha saya yang baru dirintis ini. Dan target kamu adalah semua lapisan dapat merasakan nikmatnya olahraga dengan perangkat sepatu yang mendukung

.
1.2 Penjelasan Produk
Saya memproduksi sepatu dengan handmade dan bahan yang didapati dari Indonesia sendiri. Bahan yang digunakan cenderung ringan dan simple tapi tegas. Disesuaikan juga untuk segala kalangan dari anak-anak,remaja sampai dewasa. Pemilihan warna pun cukup berani tetapi tetap terkesan sporty dan elegan. Untuk motif pun cenderung tidak ada golongan untuk wanita atau pria, lebih dibuat agar semua wanita atau pria dapat menggunakannya.
1.3 Latar Belakang Bisnis
Olahraga tetap bagian terpenting untuk menjaga kesehatan. Bagaimana tidak aneka makanan yang dapat menggoda selera dapat membuat pola makan tidak seimbang. Hidup sehat dan seimbang pun menjadi impian. Dengan sepatu olahraga kualitas dan mutu yang bagus dapat meningkatkan minat dan menyadarkan bahwa olahraga itu tidak mahal. Dan olahraga pun dapat membuat kita menarik dengan sepatu motif masa kini.
1.4 Tujuan
1. Tujuan Umum
A) Memperoleh keuntungan
B) Mendapatkan pengalaman dalam berbisnis
2. Tujuan khusus
C) Memberikan kemudahan untuk kalangan bawah dalam membeli sepatu olahraga
d) Membuat masyarakat lebih sadar pentingnya olahraga







BAB II
ANALISIS SWOT
2.1 Faktor Internal
1). Strenght (kekuatan)
a. Keunggulan produk
Saya menawarkan produk ini agar olahragawan dapat lebih nyaman lagi berolahraga dengan ringan nya sepatu tersebut. Yang dipadukan dengan selera masa kini dengan harga terjangkau dan hasil kerja tangan. Produk ini tidak main-main dengan desain dan bahan yang didapat.  Semua bahan kuat dan bertahan dalam waktu lama.
b. Bahan baku mudah didapat
Bahan baku telah disediakan oleh pabrik khusus dari setiap provinsi di Indonesia. Harga juga murah dan bahan tersedia dalam jangka waktu panjang.
2). Weakness (kelemahan)
a. Pengalaman bisnis yang sedikit

Karena bisnis merupakan hal baru untuk saya, saya pun merasa belom mempunyai pengalaman dalam merintis usaha ini. Kurang percaya diri juga terkadang menjadi faktor dalam berbisnis.
b. Pegawai yang bekerja
Sumber daya manusia yang berkualitas juga menjadi prinsip dari pegawai bisnis ini. Susahnya mencari yang berpendidikan dan kemauan pegawai yang giat menjadi faktor

2.2 Faktor Eksternal
1). Opportunities (peluang)
A. Menarik konsumen
Peluang  dalam bisnis ini cukup besar karena banyaknya ragam olahraga yang bisa diikuti dari berbagai kalangan. Olahraga tidak mahal dan sepatupun tidak mahal menjadi peluang besar kami dalam memasarkan produk tersebut.
b. Sistem pemasaran
Sistem pemasaran dimulai dari orang terdekat dan jaringan sosial seperti membuat online shop.
2). Threats (ancaman)
A. Modal belom maksimal dan mencukupi
Terkait modal yang digunakan untuk membuat cabang di setiap kota menjadi masalah sendiri di bisnis ini. Pelanggan akan mengalami kesulitan karena kurangnya cabang di kota-kota.
B. Pesaing usaha toko sepatu yang lain
Banyaknya label yang sudah dikenal di kalangan masyarakat menjadi kesulitan sendiri untuk brand ini masuk di jajaran brand-brand ternama.

BAB III
PERENCANAAN BISNIS

3.1 Sasaran dan Target Pasar
Sasaran dan target pasar bisnis ini cenderung anak-anak dan remaja. Tapi tidak memungkinkan juga untuk dewasa kami juga menjadikan target diselanjutnya. Rencana ke depan adalah memperbanyak cabang terlebih dahulu agar memudahkan yang ingin membeli di daerah-daerah terpencil.

3.2 Pembiayaan
3.2.1 Biaya Tetap (Fixed cost) per tahun
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah harga
1
Kulit
50 buah
Rp 25.000
Rp 12.500.000
2
Lem fox
500 buah
Rp 10.000
Rp 5.000.000
3
Sol luar
500 buah
Rp 10.000
Rp 5.000.000
4
Benang jahit
500 buah
Rp 2.000
Rp 1.000.000
5
Gunting
50 buah
RP 8.000
Rp 400.000
6
Sewa tempat


Rp 15.000.000



Total
Rp. 38.500.000

BAB III
PENUTUP
Dengan didirikanya usaha tersebut dimaksudkan agar menengah ke bawah dapat menjalankan aktifitas olahraga dengan kualitas dan mutu tinggi. Dan bisa dapat menginspirasi label-label lain untuk memproduksi sepatu bagus dengan harga terjangkau 

Hamutaro - Hamtaro 3