BAB I
LATAR BELAKANG
Nama
perusahaan
: AMRiyandini Sport shoes
Bidang
Usaha
: Produk
Barang
Jenis
Produk
: Sepatu olahraga
Nama Pemilik/ Penanggung
Jawab : Aprilla Mega
Riyandini
Alamat Perusahaan : Komplek UI no 3 RT
03/09 Depok
1.1 Identifikasi Peluang Bisnis
Semakin pesatnya dunia olahraga dan munculnya banyak jenis olahraga
baru membuat sepatu sebagai peran penting menunjang aktivitas tersebut. Begitu besarnya
peran sepatu dalam olahraga membuat orang-orang pun mulai melihat celah untuk
usaha kecil ini. Sedikit yang dijumpai took-toko sepatu olahraga dan dengan
harga yang relatif tidak murah mendorong saya ingin membangun usaha tersebut.
Beragamnya olahraga dan sadarnya seseorang akan pentingnya kesehatan membuat
kebutuhan ini menjadi hal utama untuk penunjang. Saya pribadi ingin membuka
usaha ini dengan fleksibilitas yang mungkin tidak ada di toko-toko lain seperti
harga murah dan bahan nyaman yang dapat digunakan sepanjang waktu. Menciptakan
brand sepatu dari bahan yang didapat dari Negara kita sendiri juga handmade
menjadikan ciri khas usaha saya yang baru dirintis ini. Dan target kamu adalah
semua lapisan dapat merasakan nikmatnya olahraga dengan perangkat sepatu yang
mendukung
.
1.2 Penjelasan Produk
Saya
memproduksi sepatu dengan handmade dan bahan yang didapati dari Indonesia
sendiri. Bahan yang digunakan cenderung ringan dan simple tapi tegas.
Disesuaikan juga untuk segala kalangan dari anak-anak,remaja sampai dewasa.
Pemilihan warna pun cukup berani tetapi tetap terkesan sporty dan elegan. Untuk
motif pun cenderung tidak ada golongan untuk wanita atau pria, lebih dibuat
agar semua wanita atau pria dapat menggunakannya.
1.3 Latar Belakang
Bisnis
Olahraga
tetap bagian terpenting untuk menjaga kesehatan. Bagaimana tidak aneka makanan
yang dapat menggoda selera dapat membuat pola makan tidak seimbang. Hidup sehat
dan seimbang pun menjadi impian. Dengan sepatu olahraga kualitas dan mutu yang
bagus dapat meningkatkan minat dan menyadarkan bahwa olahraga itu tidak mahal.
Dan olahraga pun dapat membuat kita menarik dengan sepatu motif masa kini.
1.4 Tujuan
1. Tujuan Umum
A) Memperoleh keuntungan
B) Mendapatkan
pengalaman dalam berbisnis
2. Tujuan khusus
C) Memberikan kemudahan
untuk kalangan bawah dalam membeli sepatu olahraga
d) Membuat masyarakat
lebih sadar pentingnya olahraga
BAB II
ANALISIS SWOT
2.1 Faktor Internal
1). Strenght (kekuatan)
a. Keunggulan produk
Saya menawarkan produk ini agar olahragawan dapat lebih nyaman
lagi berolahraga dengan ringan nya sepatu tersebut. Yang dipadukan dengan
selera masa kini dengan harga terjangkau dan hasil kerja tangan. Produk ini
tidak main-main dengan desain dan bahan yang didapat. Semua bahan kuat dan bertahan dalam waktu
lama.
b. Bahan baku mudah didapat
Bahan
baku telah disediakan oleh pabrik khusus dari setiap provinsi di Indonesia.
Harga juga murah dan bahan tersedia dalam jangka waktu panjang.
2). Weakness (kelemahan)
a. Pengalaman bisnis yang sedikit
Karena bisnis merupakan hal baru untuk saya, saya pun merasa belom
mempunyai pengalaman dalam merintis usaha ini. Kurang percaya diri juga
terkadang menjadi faktor dalam berbisnis.
b. Pegawai yang bekerja
Sumber daya manusia yang berkualitas juga menjadi prinsip dari
pegawai bisnis ini. Susahnya mencari yang berpendidikan dan kemauan pegawai
yang giat menjadi faktor
2.2 Faktor Eksternal
1). Opportunities (peluang)
A. Menarik konsumen
Peluang dalam bisnis ini
cukup besar karena banyaknya ragam olahraga yang bisa diikuti dari berbagai
kalangan. Olahraga tidak mahal dan sepatupun tidak mahal menjadi peluang besar
kami dalam memasarkan produk tersebut.
b. Sistem pemasaran
Sistem
pemasaran dimulai dari orang terdekat dan jaringan sosial seperti membuat
online shop.
2). Threats (ancaman)
A. Modal belom maksimal dan mencukupi
Terkait
modal yang digunakan untuk membuat cabang di setiap kota menjadi masalah
sendiri di bisnis ini. Pelanggan akan mengalami kesulitan karena kurangnya
cabang di kota-kota.
B. Pesaing usaha toko
sepatu yang lain
Banyaknya
label yang sudah dikenal di kalangan masyarakat menjadi kesulitan sendiri untuk
brand ini masuk di jajaran brand-brand ternama.
BAB III
PERENCANAAN BISNIS
3.1 Sasaran dan Target Pasar
Sasaran
dan target pasar bisnis ini cenderung anak-anak dan remaja. Tapi tidak
memungkinkan juga untuk dewasa kami juga menjadikan target diselanjutnya.
Rencana ke depan adalah memperbanyak cabang terlebih dahulu agar memudahkan
yang ingin membeli di daerah-daerah terpencil.
3.2 Pembiayaan
3.2.1 Biaya Tetap (Fixed cost) per tahun
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
Barang
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
harga
|
1
|
Kulit
|
50 buah
|
Rp 25.000
|
Rp 12.500.000
|
2
|
Lem fox
|
500 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 5.000.000
|
3
|
Sol luar
|
500 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 5.000.000
|
4
|
Benang jahit
|
500 buah
|
Rp 2.000
|
Rp 1.000.000
|
5
|
Gunting
|
50 buah
|
RP 8.000
|
Rp 400.000
|
6
|
Sewa tempat
|
|
|
Rp 15.000.000
|
|
|
|
Total
|
Rp. 38.500.000
|
BAB III
PENUTUP
Dengan didirikanya usaha tersebut dimaksudkan agar menengah ke bawah dapat menjalankan aktifitas olahraga dengan kualitas dan mutu tinggi. Dan bisa dapat menginspirasi label-label lain untuk memproduksi sepatu bagus dengan harga terjangkau